Pengembangan Home Industry: Pemasangan Banner Identitas, Inovasi Produk “OTAISU”, dan Pemasaran Produk

 Sukowiryo, Pengembangan Home Industry merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMD SDGs 78 UNEJ. Program kerja ini memiliki beberapa kegiatan di dalamnya. Pengembangan home industry dilakukan dengan memberikan brand kepada ketiga home industry yang ada di Desa Sukowiryo. Ketiga home industry tersebut adalah home industry tahu milik Ibu Jumlah, home industry tahu milik Bp. Rahman dan home industry meubel milik Bp. Diyah. Pemberian brand dilakukan dengan memberikan nama pada home industry tersebut kemudian dicetak pada sebuah banner. Banner tersebut memuat nama dari masing-masing home industry, produk yang dihasilkan serta contact person dari pemilik home industry. Banner tersebut kemudian dipasang pada bagian depan rumah produksi dari masing-masing home industry. Pemasangan banner dilakukan pada Selasa tanggal 6 Februari 2018.

Pada proses pelaksanaan pengembangan home industry, salah satu home industry mendapat perlakuan khusus dalam upaya pengembangannya. Home industry tersebut adalah home industry tahu UD. RAHMAN milik Bp. Rahman. Home industry milik Bp. Rahman diberikan perlakuan tambahan berupa upaya diversifikasi produk. Upaya tersebut bertujan untuk meningkatkan nilai tambah dan nilai jual dari produk tahu yang diproduksi oleh home industry tahu UD. RAHMAN. Upaya diversifikasi dilakukan dengan cara mengolah kembali produk tahu yang diproduksi oleh Bp. Rahman menjadi olahan tahu “Bakso Tahu”.

Metode yang ditekankan disini oleh kami selaku yang mengarahkan UD. RAHMAN adalah pemasaran produk.
Pemasaran produk dilakukam dengan menawarkan produk olahan tahu yang telah diolah dan jadi, dijual di Alun-Alun Kota Bondowoso saat Car Free Day (CFD). Pemasaran produk juga dilakukan dengan cara langsung mempromosikan atau dengan kata lain memperkenalkan produk ke konsumen. Pemasaran produk juga dilakukan secara online. Hal tersebut dilakukan dengan mendaftarkan produk olahan tahu ini di Tokopedia. Hal inilah yang nantinya menjadi modal dan pedoman untuk UD. RAHMAN dalam mengembangkan usahanya.

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment