Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Sukowiryo, mahasiswa KKN-78 dari Universitas jember bekerja sama dengan Puskesmas Nangkaan dan Petugas Posyandu Garuda II melaksanakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini dilaksanakan di Posyandu Garuda II, Dusun Wangkal, Desa Sukowiryo, Kabupaten Bondowoso. Kegiatan sosialisasi PHBS dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Februari 2017 pukul 08.00 bersamaan dengan kegiatan KP-ASI dan Posyandu. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menjelaskan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat Desa Sukowiryo.

Sosialiasi ini diisi dengan pemateri dari perwakilan KKN dan perwakilan Puskesmas Nangkaan. Materi yang disampaikan yaitu penjelasan apa yang dimaksud dengan PHBS dan menjelaskan satu-persatu indikator-indikator PHBS yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat setempat. Kegiatan ini dirasa perlu dilakukan mengingat keadaan masyarakat desa Sukowiryo terutama di dusun Wangkal masih memiliki Perilaku hidup yang kurang sehat. hal ini bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat yang masih melakukan MCK (mandi – Cuci – Kakus) di sungai.

Masyarakat Desa Sukowiryo menanggapi sosialisasi ini dengan antusias. Diharapkan Kegiatan ini  bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga pentingnya jamban sehat bagi kesehatan masyarakat.

Related posts

Leave a Comment